Bubut Noken As Bikin Motor Kenceng
Gambaran tentang noken AS atau yang sering bro sebut kem/cam
Salah
satu cara yang biasa dilakukan untuk bikin motor kenceng alias
menambah performa motor adalah dengan melakukan papas noken as atau bubut noken as.
Dengan merubah pola, sudut, & tinggi noken as maka fungsi buka –
tutup klep intake dan exhaust bisa diatur supaya sesuai dengan waktu
yang diinginkan. Maka lewat papasan atau bubut noken as ini kita bisa
mengubah performa motor secara signifikan.
Noken
as atau camshaft memang salah satu rahasia korekan motor 4tak. Namun
harus dipahami dulu dasar mesin dan filosofi nya mengapa sampai kita
harus melakukan custom noken as dari sebuah mesin.
Noken
as sebagai pengatur suplai bbm masuk ke ruang bakar, tentunya di ruang
bakar akan kita jumpai istilah kompresi rasio, diameter piston, stroke,
maen rpm brp dan diameter klep atau valve. Meng-custom noken as tidak
asal main grinding sana sini. Berapa lift dan durasi sangat erat
kaitannya dengan perbandingan kompresi, diameter piston, valve, porting
serta perlu diperhatikan juga akan menggunakan karbu berventuri berapa.
Tak lupa mesin ini nantinya bermain di sirkuit seperti apa.
Noken
as memang bisa mendongkrak power motor jadi lebih hebat itu benar… Tapi
mesti diketahui juga, ini jika mesin memang membutuhkan lebih. Namun
apabila mesin ternyata sudah merasa cukup, lalu anda custom.. Maka yang
terjadi bukannya peningkatan power, malahan penurunan power.
Satu
lagi yang perlu juga kita perhatikan adalah dampak pemakaian. Maksud
dari dampak pemakaian disini, noken as akan terkikis kisaran nol-koma
sekian mili akibat pemakaian. Keausan ini diperparah jika anda memakai
per klep yg terlalu keras, dan kualitas oli yg buruk. Tapi selama
kualitas oli baik dan per klep tidak terlalu keras (kecuali utk even
drag ato race) maka, noken as tetap terjaga keawetannya.
Terakhir
sekalian promo gpp dong. Yang pertama noken setengah matang, dimana
profil noken masih super gemuk khusus buat mekanik yang ingin meracik
sendiri. Produk kedua adalah noken as siap pake, dimana pemesan bisa
langsung memasang ke motor garapannya. Untuk noken as tipe terakhir ini
tentunya saya akan meminta data-data mesin terlebih dahulu, seperti
diameter piston, diameter valve, stroke, dll.
Ok brows.. (maksudnya bro-bro semua) jadi sekarang jangan terus horny ya pengen bubut noken as kamu
sebelum paham dan kenalin mesin terlebih dahulu "BERBAHAYA. Kalo itu sudah
dilakukan maka seberapa perlu anda meng-custom akan terlihat
korek
mesin, atau istilah bahasa inggrisnya : ENGINE TUNING, adalah kegiatan
merubah / menyempurnakan kinerja mekanikal mesin dengan melakukan
berbagai upaya dan perubahan yang dapat menambah performa mesin. Sesuatu
yang sangat kami cintai dan kami lakukan untuk sesama pecinta
kecepatan, meski bukan pebalap, pecinta kecepatan ini bisa saja dari
sahabat-sahabat yang bekerja di kantor dan ingin memodifikasi motornya
agar cepat dibawa ke kantor, ada teman-teman dari mahasiswa yang ingin
motornya laju jika waktu sudah mepet untuk masuk kampus, semoga saja
bukan dari penjambret yang ingin kabur dari kejaran polisi wkwkwk…
Mesin
komplit, sekarang saatnya membenahi kompresi mesin, piston honda sonic
0v. 300 dikawal masuk ke dalam silinder blok yang sama sekali tidak
terkena papasan mesin bubut. Torak Honda dipilih berdasarkan bobot yang
ringan, serta dimensi yang pendek akan meminimalisir beban gesek
permukaan silinder yang memberikan gaya normal terhadap piston. Meski
harus ditebus dengan harga mahal, perpaduan antara piston ini dengan
liner dari Honda CB membawa manfaat yang luar biasa mantabnya.
Ruang
bakar di isi spesifikasi katub dari Honda Sonic, pir katub Honda Sonic,
Porting di geser ke atas sebesar 24mm. Lebih istimewa lagi, bushing
penahan laju naik-turun katub direquest dari bahan albronze, dengan
model ulir, begitu pula dengan bahan seating valve, menjaga suhu mesin
tetap dingin dan komponen katub awet, sebagaimana riset mekanik-mekanik
handal di roadrace. Sudut squish ruang bakar disetarakan dengan pelipis
piston untuk memfokuskan jeram udara/bahan bakar ke arah busi.
gambar posiisi klep.
Ke
sisi pengabut bahan bakar, kita mempercayakan bawaan Suzuki Shogun yang
direamer ulang dengan tabung skep stainless stell sebesar 20.5mm custom
made, venturi dikejar hingga 24mm pada pantat karburator diselaraskan
dengan 85 % dari katub masuk. Knalpot berdiameter pipa 25mm dibawa
mengawal gas buang, dengan desain mengerucut dan pipa sarangan hanya
sepanjang 50 milimeter dipakai untuk memberi lontaran nafas yang sengaja
dibuat pendek-pendek untuk areal perkotaan.
Komputer
pengapian di set up melaui remote untu mengatur kurva pengapian yang
dibatasi di 12.500 RPM dengan timing 29 derajat sebelum titik mati atas.
Koil bawaan YZ125 dari TDR dikawinkan guna melentikkan gelombang
listrik ke elektroda TDR balistic yang dianggap dapat menghasilkan
pembakaran di combustion chamber lebih bersih.
bersambung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar